Senin, 05 Februari 2018

ANALISIS KI KD RA AL KAMILAH 2017/2018



ANALISIS KI KD RA AL KAMILAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
KI-1 : Menerima ajaran agama yang  dianutnya
1.1           Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2           Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitarnya sebagai rasa syukur kepada Tuhan
1.3            
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
KI-2 : Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
2.1           Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2           Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3           Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.4           Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.5           Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
2.6           Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
2.7           Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
2.8           Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kemandirian
2.9           Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
2.10       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleransi kepada orang lain
2.11       Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
2.12       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar

2.13       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
2.14       Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun dan rendah hati kepada orang tua, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman.
KI-3 : Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara : mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi/mengasosiasikan, dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
3.1           Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
3.2           Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
3.3           Mengenal anggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
3.4           Mengetahui cara hidup sehat
3.5           Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
3.6           Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
3.7           Mengenal lingkungan social ( keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
3.8           Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9           Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar

3.10       Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11       Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12       Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
3.13       Mengenal emosi diri dan orang lain
3.14       Mengenal kebutuhan, keinginan, dan minat diri
3.15       Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
3.16        
KI-4 : Menunjukan yang diketahui,dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berkahlak mulia.
4.1           Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntutan orang dewasa
4.2           Menunjukan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
4.3           Menggunakan angota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
4.4           Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
4.5           Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
4.6           Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)


Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar

4.7           Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll. Tentang lingkungan social (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
4.8           Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll. Tentanglingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.9           Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.10       Menunjukan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.11       Menunjukan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.12       Menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai berntuk karya
4.13       Menunjukan reaksi emosi diri secara wajar
4.14       Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
4.15       Menunjukan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
4.16        

1.      Muatan Pembelajaran
Muatan pembelajaran berisi materi-materi yang dikenalkan kepada anak sesuai dengan program pengembangan.
No
Program Pengembangan
Materi Pembelajaran
Kompetensi yang Dicapai
1
NILAI AGAMA DAN MORAL
SIKAP
·         Sikap yang mencerminkan nilai-nilai kehidupan beragama yang berintikan pada :
Sikap 6 rukun Iman, Sikap 5 rukun Islam, Sikap Ihsan (hablum minallah)
·         Sikap mengagungkan Allah melalui do’a-doa secara tertib (Adab Doa)
·         Membiasakan dan mengungkapkan kalimat toyyibah
·         Sikap khusyu saat beribadah
·         Terbiasa menutup aurat
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya


·         Sikap sopan santun saat berbicara
·         Sikap meminta maaf dan memaafkan orang lain
·         Berpakaian yang baik dan menutup aurat
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Allah






·         Jujur
·         Menepati janji
2.13 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur


·         Rendah hati
·         Santun
·         Sederhana
·         Sikap terbuka
2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik dan teman
No
Program Pengembangan
Materi Pembelajaran
Kompetensi yang Dicapai


PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
·         Asmaul Husna, sifat dan ciptaan-Nya
·         Malaikat dan tugasnya
·         Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam
·         Kisah Nabi dan Rasul
·         Hari kiamat dengan kejadian bencana alam, musibah, dll
·         Qodho dan Qodhar melalui kejadian sehari-hari
·         Nama dan rakaat sholat Wajib
·         Amaliah ramadhan
·         Haji
·         Sholat Ied


3.1 Mengenal kegiatan ibadah sehari-hari







4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa


PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
·         Syahadatain adab wudhu, sholat dan doa harian
·         Melafadzkan adzan dan iqomah
·         Membaca al quran melalui metode tilawati
·         Praktek zakat shodaqoh, puasa, solat hari raya dan manasik haji


3.2 Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak baik
4.2 Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
2
FISIK MOTORIK
SIKAP
·         Adab makan : Pembiasaan cuci tangan sebelum makan, makan pakai sendok, makan pakai tangan kanan, bicara saat mulut kosong
·         Adab minum
·         Adab kamar mandi
2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat

No
Program Pengembangan
Materi Pembelajaran
Kompetensi yang Dicapai


·         Adab mandi
·         Adab BAK dan BAB
·         Adab gosok gigi
·         Pembiasaan makana gizi seimbang
·         Adam membuang sampah



PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
·         Nama anggota tubuh
·         Fungsi anggota tubuh
·         Merawat anggota tubuh
·         Variasi motorik kasar : berjalan, berlari, melompat, merayap, merangkak, berguling dan bergelantungan dengan terkontrol, kuatan, kekoordinasi, seimbang, ketangkasan dan kelenturan
·         Variasi motorik halus : meremas, menjumput,, menjepit, merobek, menggunting, meronce, menggulung, melipat, menggiling, menggores, memotong, mengocok, mengaduk, memompa, memeras, meraup, menumbuk dengan kekuatan, koordinasi mata dan tangan, kelenturan pergelangan tangan dan kelenturan jari-jari tangan
·         Pengetahuan sikat gigi yang benar
·         Pengetahuan adab minum


3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus





4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk mengembangkan motorik kasar dan halus









3.4 Mengetahui cara hidup sehat


No
Program Pengembangan
Materi Pembelajaran
Kompetensi yang Dicapai


·         Pengetahuan adab mandi
·         Pengetahuan adab BAK dan BAB
·         Pengetahuan adab gosok gigi
·         Pengetahuan makanan gizi seimbang
·         Pengetahuan adab membuang sampah
·         Menutup aurat (melindungi anggota tubuh yang terlarang : mulut, dada, alat kelamin, pantat)
·         Waspada terhadap orang asing/tidak dikenal










4.4 Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
3
KOGNITIF
SIKAP

·         Adab bertanya
·         Mengamati
·         Meneliti
·         Mencoba
·         Tertarik


2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu


PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN

·         Sebab akibat
·         Mengenali masalah
·         Menyelesaikan masalah
·         Dialog/diskusi
·         Mencari solusi secara kreatif
·         Tertarik pada suatu masalah untuk diatasi
·         Berani menghadapi tantangan
·         Senang melakukan hal-hal baru



3.5 Mengetahui cara menyelesaikan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif

No
Program Pengembangan
Materi Pembelajaran
Kompetensi yang Dicapai


·         Tidak puas bila selalu mengulang hal yang sama, menggunakan benda atau bahan belajar untuk membuat sesuatu
·         Selalu optimis
·         Senang menceritakan imian-impiannya walaupun terkadang nampak berlebihan



·         Mengenal nama
·         Warna
·         Bentuk dua dimensi (persegi, segitiga, bulat, persegi panjang)
·         Bentuk tiga dimensi (kubus, balok, limas, tabung)
·         Ukuran (panjang-pendek, dll)
·         Tekstur
·         Suara (cepat-lambat, keras-halus, tinggi-rendah)
·         Sifat
·         Fungsi
·         Ciri-ciri benda yang ada di lingkungan sekitar
·         Membilang
·         Percobaan
·         Mengukur
·         Mengelompokkan
·         Mengurutkan
·         Membandingkan
·         Menyusun pola
·         Membuat grafik
·         Membuat seriasi
·         Penjumlahan
·         Pengurangan
·         Sama dan tidak sama
3.6 Mengenal benda-benda di sekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan ciri-cirinya)
4.6 Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, bentuk, warna, ukuran, pola, sifat suara, tekstur, fungsi dan ciri-ciri) melalui berbagai hasil karya
No
Program Pengembangan
Materi Pembelajaran
Kompetensi yang Dicapai


·         Banyak-sedikit
·         Berat-ringan
·         Besar-kecil
·         Panjang-pendek



·         Keluarga
·         Teman
·         Tempat tinggal
·         Masjid
·         Sekolah
·         Budaya : makanan, bahasa, pakaian, tarian, kebiasaan, ciri khas suatu daerah
·         Transportasi
·         Lingkungan kota
·         Lingkungan desa
·         Pegunungan
·         Pantai Pesisir
·         Cerita tentang lingkungan sosial
·         Permainan tradisional
·         Hasil karya
·         Gerak dan lagu
3.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
4.7 Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga,  tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh


·         Hewan
·         Tanaman
·         Tanah
·         Air
·         Udara
·         Batu-batuan
·         Biji-bijian
·         Cuaca
·         Waktu (Pagi, siang, malam)
·         Gejala alam
·         Benda-benda langit

3.8 Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)









No
Program Pengembangan
Materi Pembelajaran
Kompetensi yang Dicapai


·         Menanam
·         Merawat
·         Memelihara
·         Menjaga lingkungan
·         Cerita tentang lingkungan alam
·         Nyanyian
·         Puisi
·         Gerak dan lagu
·         Hasil karya





·         Peralatan rumah tangga
·         Peralatan bermain
·         Peralatan pertukangan
·         Peralatan sekolah
·         Peralatan komunikasi
·         Peralatan elektronik
·         Bahan limbah rumah tangga


·         Memfungsikan
·         Merawat
·         Membuat
4.8 Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh
3.9 Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)



No
Program Pengembangan
Materi Pembelajaran
Kompetensi yang Dicapai
4
BAHASA
PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
·         Mendengar
·         Menyimak
·         Membaca
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak  dan membaca)


·         Berbicara
·         Mengungkapkan keinginan/kebutuhan
·         Menceritakan kembali pengalamannya
·         Merespon
·         Bercerita
·         Puisi/sajak
·         Syair
·         Menyanyi
·         Pantun
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)


·         Klasifikasi : warna, bentuk, ukuran
·         Urutan
·         Angka
·         Huruf
·         Menggambar
·         Menulis
·         Gerakan otot-otot kecil/motorik halus
·         Membaca
·         Bunyi huruf (fonem)
·         Nama huruf
·         Kosakata
·         Kata
·         Kalimat
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya


No
Program Pengembangan
Materi Pembelajaran
Kompetensi yang Dicapai
5
SOSIAL EMOSI
SIKAP
·         Percaya diri
·         Berani tampil di depan orang lain
·         Bangga
·         Senang
2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri



·         Disiplin
·         Tanggung jawab
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan



·         Sabar
·         Tenang
·         Antri
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan skap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain bicara) untuk melatih kedisiplinan



·         Mandiri
·         Inisiatif
2.8 Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian



·         Tanggap dengan situasi
·         Membantu
·         Empati
·         Simpati
·         Peduli
·         Bersikap memberi kenyamanan dri, orang lain dan lingkungan sekitar
2.9 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya

No
Program Pengembangan
Materi Pembelajaran
Kompetensi yang Dicapai


·         Menghargai diri sendiri
·         Menghargai orang lain
·         Menghargai perbedaan
·         Menerima orang lain apa adanya
·         Tidak ingin menang sendiri
·         Mau berbagi
·         Menghargai pendapat orang lain
·         Berteman
·         Mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diterima
·         Mengucapkan maaf bila bersalah
·         Mengucapkan permisi
·         Mengucapkan tolong jika membutuhkan bantuan orang lain
2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain


·         Senyum
·         Sapa
·         Salam
·         Sopan
·         Santun
·         Lingkungan main yang bervariasi
·         Beradaptasi
2.11 Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri


·         Tanggung jawab
·         Konsekuensi
·         Mengakui kesalahan
·         Mengikuti aturan
·         Fokus
·         Tekun
2.12 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab

SENI
·         Keindahan
·         Kerapihan
·         Keharmonisan
·         Keteraturan
·         Apresiasi
·         Variatif
·         Kreatif
·         Menghargai hasil karya orang lain
2.4 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar