Senin, 05 Februari 2018

SOP PENYAMBUTAN KEDATANGAN ANAK RA AL KAMILAH



RAUDHATUL ATHFAL (RA)
AL  KAMILAH
NSM:101232050317
                     Kp. Lame Rt/Rw 01/01 Desa Mekarsasi Kec.Selaawi Kab. Garut
Kode pos 44187 email alkamilah.ra@gmail.com fanspage RA Al Kamilah

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
PENYAMBUTAN KEDATANGAN ANAK


NAMA LEMBAGA
RA AL KAMILAH
KODE DOK.
SOP/PROS-001
UNIT PROGRAM
RAUDHATUL ATHFAL
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN
10 JULI 2017
TGL. REVISI
10-06-2017

1
JUDUL
Penyambutan Kedatangan Anak

2
TUJUAN
1.      Membiasakan mengucapkan salam dan bersalaman (1.2; 2.14)
2.      Melatih kemandirian anak (2.4; 2.6; 2.8)
3.      Melatih sikap menyesuaikan diri terhadap lingkungan (2.11;2.14)
4.      Mengetahui kondisi awal anak baik secara fisik dan emosi anak (4.13)
5.      Memberikan anak rasa senang, aman, nyaman dan kekeluargaan pada saat memasuki sekolah
6.      Menjalin komunikasi dengan orang tua dan atau pengantar
7.      Melatih kemampuan berkomunikasi anak
8.      Memberikan keteladanan dan pembiasaan sikap senyum, salam, sopan, santun dan ramah
3
REFERENSI
1.      Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014
2.      Permendiknas No. 146 Tahun 2014
3.      Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3489 Tahun 2016
4.        Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
5.        Instruksi Kepala RA
4
PIHAK-PIHAK TERKAIT
Guru kelompok
5
DOKUMEN
Buku kehadiran guru, buku kehadiran anak, jadwal piket, catatan perkembangan anak
6
PROSEDUR KERJA
Penyambutan merupakan kegiatan untuk melewati proses transisi dari rumah ke sekolah
Penyambutan kedatangan anak memiliki langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Guru piket sudah siap 15 menit sebelum anak datang, dan berdiri di depan pintu masuk sekolah dengan senyuman ramah
2.        Guru piket menyapa (mengucapkan salam) dan berkomunikasi dengan anak (menanyakan kabar dan perasaan anak hari ini).
a.       Guru piket menyambut kedatangan anak dengan senyuman, mensejajarkan diri dengan anak dan memberi kesempatan pada anak untuk mengucapkan salam sambil berjabat tangan lalu anak mencium tangan guru dengan hidung/pipi/dahi. Jika ada orang tua, guru piket bersalaman dengan orang tua tersebut.
3.        Guru piket menanyakan kepada orang tua/pengantar mengenai kondisi fisik dan perasaan anak termasuk obat yang harus diminum bila diperlukan.
4.        Bila anak tidak diantar, guru piket secara langsung menanyakan dan mengecek keadaan anak.
5.        Catat seluruh informasi mengenai kondisi anak dan segera ambil tindakan sesuai prosedur
6.        Guru piket mempersilahkan anak meletakkan tas di loker, melepas sepatu dan menaruhnya di rak sepatu yang sudah disediakan.
7.        Guru Piket mempersilahkan anak untuk mengisi absen
8.        Guru Piket mempersilahkan anak untuk menuju ke ruang privat Iqro
9.        Untuk anak-anak yang membutuhkan waktu transisi pada saat kedatangan diberikan waktu sesuai kebutuhan anak berdasarkan kesepakatan bersama antara pendidik, orang tua dan peserta didik.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar