Senin, 05 Februari 2018

SOP PIJAKAN SELAMA MAIN RA AL KAMILAH



RAUDHATUL ATHFAL (RA)
AL  KAMILAH
NSM:101232050317
                     Kp. Lame Rt/Rw 01/01 Desa Mekarsasi Kec.Selaawi Kab. Garut
Kode pos 44187 email alkamilah.ra@gmail.com fanspage RA Al Kamilah

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
KEGIATAN PIJAKAN SELAMA MAIN


NAMA LEMBAGA
RA AL KAMILAH
KODE DOK.
SOP/PROS-007
UNIT PROGRAM
RAUDHATUL ATHFAL
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN
10 JULI 2017
TGL. REVISI
-

1
JUDUL
Pijakan Selama Bermain

2
TUJUAN
Ø  Mengembangkan kemampuan mencobakan untuk mencari tahu (2.2)
Ø  Membiasakan untuk berani melakukan tantangan baru (2.5)
Ø  Mengembangkan kemampuan focus (3.13,3.14)
Ø  Membiasakan untuk bekerja tuntas (awal sampai akhir) (2.12)
Ø  Membiasakan untuk melakukan kegiatan secara mandiri dan bekerjasama (2.8, 2.10)
Ø  Membiasakan untuk saling membantu dengan guru dan teman (2.9)
Ø  Membiasakan untuk berbagi alat main (2.9)
Ø  Mengenal berbagai konsep pengetahuan (matematika, sosial, alam, sains, bahasa, alat/teknologi). (3.6, 3.7, 3.8, 3.9)
Ø  Mengembangkan keterampilan membuat karya dengan berbagai alat dengan ide sendiri (4.15)
Ø  Membiasakan untuk berkata santun (menggunakan kata terima kasih, maaf, tolong). (2.14)
Ø  Membiasakan untuk menghargai hasil karya diri dan teman (2.10)
Ø  Mengembangkan keterampilan berkomunikasi (4.11)
Ø  Mengembangkan sikap percaya diri (2.5)
Ø  Membiasakan untuk bertanggung jawab (2.12)
3
REFERENSI
Ø  Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014
Ø  Permendiknas No. 146 Tahun 2014
Ø  Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3489 Tahun 2016
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
Ø  Instruksi Kepala RA

4
PIHAK-PIHAK TERKAIT
Guru Kelompok
5
DOKUMEN
Catatan Perkembangan Anak

6
PROSEDUR KERJA
1.        Melakukan (pengamatan) dan membuat catatan perkembangan anak.
2.        Memberikan waktu bermain selama (45 menit – 1 jam)
3.        Memberikan pijakan dengan menggunakan kalimat bertanya yang terbuka secara tepat Misal: bagaimana caramu menemukan warna ini?, Bangunan apa yang sedang dibangun nak?
4.        Pijakan yang diberikan harus sesuai dengan perkembangan anak
5.        Dorong anak untuk bermain dalam kelompok kecil selain bermain secara mandiri.
6.        Anak diberi kesempatan untuk membuat karya dengan idenya sendiri
7.        Anak diberi kesempatan untuk mencoba alat dan bahan main dengan caranya sendiri
8.        Anak didukung untuk bekerja sampai tuntas
9.        Anak didukung untuk saling berbagi alat main
10.    Anak didukung untuk mau membantu guru dan temannya.
11.    Anak didukung menemukan konsep pengetahuan (matematika, sosial, alam, sains, bahasa, alat/teknologi) melalui alat dan bahan yang dimainkannya.
12.    Membangun kepercayaan diri anak dengan memberikan kesempatan untuk mengemukakan gagasannya melalui alat dan bahan main yang digunakannya.
13.    Mengingatkan pada anak sisa waktu bermain.
14.    Mengajak anak untuk membereskan alat sesuai tempat dan jenisnya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar