Senin, 05 Februari 2018

SOP RA AL KAMILAH KEGIATAN PIJAKAN SEBELUM MAIN (KEGIATAN PEMBUKAAN)



RAUDHATUL ATHFAL (RA)
AL  KAMILAH
NSM:101232050317
                     Kp. Lame Rt/Rw 01/01 Desa Mekarsasi Kec.Selaawi Kab. Garut
Kode pos 44187 email alkamilah.ra@gmail.com fanspage RA Al Kamilah

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
KEGIATAN PIJAKAN SEBELUM MAIN (KEGIATAN PEMBUKAAN)


NAMA LEMBAGA
RA AL KAMILAH
KODE DOK.
SOP/PROS-006
UNIT PROGRAM
RAUDHATUL ATHFAL
STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN
10 JULI 2017
TGL. REVISI
-

1
JUDUL
Pijakan Sebelum Bermain
2
TUJUAN
Ø  Membiasakan untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan (4.1)
Ø  Mengembangkan kemampuan berbahasa (kosakata baru, mengungkapkan bahasa) (3.11)
Ø  Mengembangkan sikap percaya diri (2.5)
Ø  Mengembangkan sikap menghargai orang lain yang berbicara (2.10)
Ø  Mengembangkan kemampuan mengamati, menanya, mencobakan untuk mencari tahu
Ø  Mengenalkan konsep pengetahuan sesuai dengan tema dan RPPH yang disusun
Ø  Mengembangkan kemampuan fokus pada tema dan kegiatan yang dilakukan (2.12, 3.13)
Ø  Membiasakan anak disiplin mengikuti aturan (2.6)
Ø  Membiasakan berani melakukan tantangan baru(2.2, 2.5)
Ø  Membiasakan untuk berkata santun (menggunakan kata
3
REFERENSI
Ø  Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014
Ø  Permendiknas No. 146 Tahun 2014
Ø  Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3489 Tahun 2016
Ø  Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
Ø  Instruksi Kepala RA
4
PIHAK-PIHAK TERKAIT
Guru Kelompok
5
DOKUMEN
Catatan Perkembangan Anak
6
PROSEDUR KERJA
1.        Anak duduk dalam bentuk lingkaran atau duduk merapat tetapi dalam suasana tidak berdesakan, posisi guru di depan menghadap ke anak.Menyapa anak untuk memulai kegiatan
2.        Anak berdoa sebelum melakukan kegiatan
3.        Bertanya kepada anak tentang hal-hal yang dilakukan hari kemarin
4.        Menanyakan perasaan anak hari ini untuk mengenal perasaan anak
5.        Memberitahukan bila ada sesuatu yang tidak biasa terjadi hari ini, misalnya ada tamu, ada guru yang tidak masuk sehingga digantikan oleh guru lainnya
6.        Mengenalkan tema dan konsep hari ini dan mempersilakan anak mengamati, bertanya tentang tema yang dikenalkan.
7.        Siapkan buku yang sesuai dengan tema agar anak bisa mencari informasi dan bertanya yang terkait dengan tema.
8.        Membacakan buku sesuai tema untuk membangun ide bermain.
9.        Mengembangkan kosa kata dan menanyakan pendapat anak tentang arti kata yang dimaksud.
10.    Mendiskusikan ide bermain apa yang akan dibuat anak dengan alat dan bahan yang tersedia.
11.    Memberikan contoh secara tepat untuk kegiatan baru yang belum dimengerti anak.
12.    Membangun aturan main bersama anak
13.    Mengulang kembali aturan di sentra:
a)        pilih kegiatan
b)        selesaikan kegiatan
c)        perlihatkan hasil karya pada pendidik
d)       merapikan alat yang sudah digunakan
e)        pilih kegiatan lainnya.
14.    Anak memilih mainan sesuai dengan minatnya
15.    Mengelola kegiatan pemilihan mainan dengan menerapkan permainan yang menarik
16.    Mempersilakan anak mulai bermain.






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar