ANALISIS KI KD RA AL KAMILAH TAHUN
PELAJARAN 2017/2018.
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
KI-1 : Menerima ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mempercayai adanya Tuhan melalui
ciptaan-Nya
1.2
Menghargai diri sendiri, orang lain,
dan lingkungan sekitarnya sebagai rasa syukur kepada Tuhan
1.3
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
KI-2 : Memiliki perilaku hidup
sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri,
peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan
santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan
teman
|
2.1
Memiliki perilaku
yang mencerminkan hidup sehat
2.2
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap kreatif
2.4
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap estetis
2.5
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap percaya diri
2.6
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
2.7
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika
orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
2.8
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap kemandirian
2.9
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
2.10 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleransi kepada orang lain
2.11 Memiliki
perilaku yang dapat menyesuaikan diri
2.12 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
|
2.13 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
2.14 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap santun dan rendah hati kepada orang tua,
pendidik dan/atau pengasuh, dan teman.
|
KI-3 : Mengenali diri, keluarga,
teman, pendidik, dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni dan
budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara : mengamati
dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya,
mengumpulkan informasi, mengolah informasi/mengasosiasikan, dan
mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
|
3.1
Mengenal kegiatan
beribadah sehari-hari
3.2
Mengenal perilaku
baik sebagai cerminan akhlak mulia
3.3
Mengenal anggota
tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik
halus
3.4
Mengetahui cara hidup
sehat
3.5
Mengetahui cara
memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
3.6
Mengenal benda-benda disekitarnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya)
3.7
Mengenal lingkungan
social ( keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi)
3.8
Mengenal lingkungan
alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9
Mengenal teknologi
sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan,
dll)
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
|
3.10 Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
3.13 Mengenal
emosi diri dan orang lain
3.14 Mengenal
kebutuhan, keinginan, dan minat diri
3.15 Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
3.16
|
KI-4 : Menunjukan yang
diketahui,dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berkahlak mulia.
|
4.1
Melakukan kegiatan
beribadah sehari-hari dengan tuntutan orang dewasa
4.2
Menunjukan perilaku
santun sebagai cerminan akhlak mulia
4.3
Menggunakan angota
tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
4.4
Mampu menolong diri
sendiri untuk hidup sehat
4.5
Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
4.6
Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
|
4.7
Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh,
dll. Tentang lingkungan social (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat
ibadah, budaya, transportasi)
4.8
Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh,
dll. Tentanglingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan,
dll)
4.9
Menggunakan
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
4.10
Menunjukan
kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.11
Menunjukan
kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non
verbal)
4.12
Menunjukan
kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai berntuk karya
4.13
Menunjukan
reaksi emosi diri secara wajar
4.14
Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
4.15
Menunjukan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
4.16
|
1.
Muatan Pembelajaran
Muatan
pembelajaran berisi materi-materi yang dikenalkan kepada anak sesuai dengan
program pengembangan.
No
|
Program
Pengembangan
|
Materi
Pembelajaran
|
Kompetensi
yang Dicapai
|
1
|
NILAI
AGAMA DAN MORAL
|
SIKAP
·
Sikap yang mencerminkan nilai-nilai kehidupan
beragama yang berintikan pada :
Sikap
6 rukun Iman, Sikap 5 rukun Islam, Sikap Ihsan (hablum minallah)
·
Sikap mengagungkan Allah melalui do’a-doa
secara tertib (Adab Doa)
·
Membiasakan dan mengungkapkan kalimat
toyyibah
·
Sikap khusyu saat beribadah
·
Terbiasa menutup aurat
|
1.1 Mempercayai adanya
Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
|
|
·
Sikap sopan santun saat berbicara
·
Sikap meminta maaf dan memaafkan orang lain
·
Berpakaian yang baik dan menutup aurat
|
1.2 Menghargai diri
sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Allah
|
|
|
·
Jujur
·
Menepati janji
|
2.13 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap jujur
|
|
|
·
Rendah hati
·
Santun
·
Sederhana
·
Sikap terbuka
|
2.14 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik dan
teman
|
No
|
Program
Pengembangan
|
Materi
Pembelajaran
|
Kompetensi
yang Dicapai
|
|
|
PENGETAHUAN
DAN KETERAMPILAN
·
Asmaul Husna, sifat dan ciptaan-Nya
·
Malaikat dan tugasnya
·
Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam
·
Kisah Nabi dan Rasul
·
Hari kiamat dengan kejadian bencana alam,
musibah, dll
·
Qodho dan Qodhar melalui kejadian sehari-hari
·
Nama dan rakaat sholat Wajib
·
Amaliah ramadhan
·
Haji
·
Sholat Ied
|
3.1 Mengenal kegiatan
ibadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan
beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
|
|
PENGETAHUAN
DAN KETERAMPILAN
·
Syahadatain adab wudhu, sholat dan doa harian
·
Melafadzkan adzan dan iqomah
·
Membaca al quran melalui metode tilawati
·
Praktek zakat shodaqoh, puasa, solat hari
raya dan manasik haji
|
3.2 Mengenal perilaku baik sebagai
cerminan akhlak baik
4.2 Menunjukkan perilaku
santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
2
|
FISIK
MOTORIK
|
SIKAP
·
Adab makan : Pembiasaan cuci tangan sebelum
makan, makan pakai sendok, makan pakai tangan kanan, bicara saat mulut kosong
·
Adab minum
·
Adab kamar mandi
|
2.1 Memiliki perilaku yang
mencerminkan hidup sehat
|
No
|
Program
Pengembangan
|
Materi
Pembelajaran
|
Kompetensi
yang Dicapai
|
|
|
·
Adab mandi
·
Adab BAK dan BAB
·
Adab gosok gigi
·
Pembiasaan makana gizi seimbang
·
Adam membuang sampah
|
|
|
|
PENGETAHUAN
DAN KETERAMPILAN
·
Nama anggota tubuh
·
Fungsi anggota tubuh
·
Merawat anggota tubuh
·
Variasi motorik kasar : berjalan, berlari,
melompat, merayap, merangkak, berguling dan bergelantungan dengan terkontrol,
kuatan, kekoordinasi, seimbang, ketangkasan dan kelenturan
·
Variasi motorik halus : meremas, menjumput,,
menjepit, merobek, menggunting, meronce, menggulung, melipat, menggiling,
menggores, memotong, mengocok, mengaduk, memompa, memeras, meraup, menumbuk
dengan kekuatan, koordinasi mata dan tangan, kelenturan pergelangan tangan
dan kelenturan jari-jari tangan
·
Pengetahuan sikat gigi yang benar
·
Pengetahuan adab minum
|
3.3 Mengenal anggota tubuh,
fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3 Menggunakan anggota
tubuh untuk mengembangkan motorik kasar dan halus
3.4 Mengetahui cara hidup
sehat
|
No
|
Program
Pengembangan
|
Materi
Pembelajaran
|
Kompetensi
yang Dicapai
|
|
|
·
Pengetahuan adab mandi
·
Pengetahuan adab BAK dan BAB
·
Pengetahuan adab gosok gigi
·
Pengetahuan makanan gizi seimbang
·
Pengetahuan adab membuang sampah
·
Menutup aurat (melindungi anggota tubuh yang
terlarang : mulut, dada, alat kelamin, pantat)
·
Waspada terhadap orang asing/tidak dikenal
|
4.4 Mampu menolong diri
sendiri untuk hidup sehat
|
3
|
KOGNITIF
|
SIKAP
·
Adab bertanya
·
Mengamati
·
Meneliti
·
Mencoba
·
Tertarik
|
2.2 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap ingin tahu
|
|
|
PENGETAHUAN
DAN KETERAMPILAN
·
Sebab akibat
·
Mengenali masalah
·
Menyelesaikan masalah
·
Dialog/diskusi
·
Mencari solusi secara kreatif
·
Tertarik pada suatu masalah untuk diatasi
·
Berani menghadapi tantangan
·
Senang melakukan hal-hal baru
|
3.5 Mengetahui cara
menyelesaikan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
|
No
|
Program
Pengembangan
|
Materi
Pembelajaran
|
Kompetensi
yang Dicapai
|
|
|
·
Tidak puas bila selalu mengulang hal yang
sama, menggunakan benda atau bahan belajar untuk membuat sesuatu
·
Selalu optimis
·
Senang menceritakan imian-impiannya walaupun
terkadang nampak berlebihan
|
|
|
|
·
Mengenal nama
·
Warna
·
Bentuk dua dimensi (persegi, segitiga, bulat,
persegi panjang)
·
Bentuk tiga dimensi (kubus, balok, limas,
tabung)
·
Ukuran (panjang-pendek, dll)
·
Tekstur
·
Suara (cepat-lambat, keras-halus,
tinggi-rendah)
·
Sifat
·
Fungsi
·
Ciri-ciri benda yang ada di lingkungan
sekitar
·
Membilang
·
Percobaan
·
Mengukur
·
Mengelompokkan
·
Mengurutkan
·
Membandingkan
·
Menyusun pola
·
Membuat grafik
·
Membuat seriasi
·
Penjumlahan
·
Pengurangan
·
Sama dan tidak sama
|
3.6 Mengenal benda-benda di
sekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi
dan ciri-cirinya)
4.6 Menyampaikan tentang
apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, bentuk,
warna, ukuran, pola, sifat suara, tekstur, fungsi dan ciri-ciri) melalui
berbagai hasil karya
|
No
|
Program
Pengembangan
|
Materi
Pembelajaran
|
Kompetensi
yang Dicapai
|
|
|
·
Banyak-sedikit
·
Berat-ringan
·
Besar-kecil
·
Panjang-pendek
|
|
|
|
·
Keluarga
·
Teman
·
Tempat tinggal
·
Masjid
·
Sekolah
·
Budaya : makanan, bahasa, pakaian, tarian,
kebiasaan, ciri khas suatu daerah
·
Transportasi
·
Lingkungan kota
·
Lingkungan desa
·
Pegunungan
·
Pantai Pesisir
·
Cerita tentang lingkungan sosial
·
Permainan tradisional
·
Hasil karya
·
Gerak dan lagu
|
3.7 Mengenal lingkungan
sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
4.7 Menyajikan berbagai
karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh
|
|
|
·
Hewan
·
Tanaman
·
Tanah
·
Air
·
Udara
·
Batu-batuan
·
Biji-bijian
·
Cuaca
·
Waktu (Pagi, siang, malam)
·
Gejala alam
·
Benda-benda langit
|
3.8 Mengenal lingkungan
alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
No
|
Program
Pengembangan
|
Materi
Pembelajaran
|
Kompetensi
yang Dicapai
|
|
|
·
Menanam
·
Merawat
·
Memelihara
·
Menjaga lingkungan
·
Cerita tentang lingkungan alam
·
Nyanyian
·
Puisi
·
Gerak dan lagu
·
Hasil karya
·
Peralatan rumah tangga
·
Peralatan bermain
·
Peralatan pertukangan
·
Peralatan sekolah
·
Peralatan komunikasi
·
Peralatan elektronik
·
Bahan limbah rumah tangga
·
Memfungsikan
·
Merawat
·
Membuat
|
4.8 Menyajikan berbagai
karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah,
air, batu batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak
tubuh
3.9 Mengenal teknologi
sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan,
dll)
4.9 Menggunakan teknologi
sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga,
peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
No
|
Program
Pengembangan
|
Materi
Pembelajaran
|
Kompetensi
yang Dicapai
|
4
|
BAHASA
|
PENGETAHUAN
DAN KETERAMPILAN
·
Mendengar
·
Menyimak
·
Membaca
|
3.10 Memahami bahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan
berbahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
|
|
|
·
Berbicara
·
Mengungkapkan keinginan/kebutuhan
·
Menceritakan kembali pengalamannya
·
Merespon
·
Bercerita
·
Puisi/sajak
·
Syair
·
Menyanyi
·
Pantun
|
3.11 Memahami bahasa
ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan
berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
|
|
·
Klasifikasi : warna, bentuk, ukuran
·
Urutan
·
Angka
·
Huruf
·
Menggambar
·
Menulis
·
Gerakan otot-otot kecil/motorik halus
·
Membaca
·
Bunyi huruf (fonem)
·
Nama huruf
·
Kosakata
·
Kata
·
Kalimat
|
3.12 Mengenal keaksaraan
awal melalui bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan
keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
No
|
Program
Pengembangan
|
Materi
Pembelajaran
|
Kompetensi
yang Dicapai
|
5
|
SOSIAL
EMOSI
|
SIKAP
·
Percaya diri
·
Berani tampil di depan orang lain
·
Bangga
·
Senang
|
2.5 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap percaya diri
|
|
|
·
Disiplin
·
Tanggung jawab
|
2.6 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
|
|
|
·
Sabar
·
Tenang
·
Antri
|
2.7 Memiliki perilaku yang
mencerminkan skap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang
lain bicara) untuk melatih kedisiplinan
|
|
|
·
Mandiri
·
Inisiatif
|
2.8 Memiliki perilaku yang
mencerminkan kemandirian
|
|
|
·
Tanggap dengan situasi
·
Membantu
·
Empati
·
Simpati
·
Peduli
·
Bersikap memberi kenyamanan dri, orang lain
dan lingkungan sekitar
|
2.9 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
|
No
|
Program
Pengembangan
|
Materi
Pembelajaran
|
Kompetensi
yang Dicapai
|
|
|
·
Menghargai diri sendiri
·
Menghargai orang lain
·
Menghargai perbedaan
·
Menerima orang lain apa adanya
·
Tidak ingin menang sendiri
·
Mau berbagi
·
Menghargai pendapat orang lain
·
Berteman
·
Mengucapkan terima kasih atas bantuan yang
diterima
·
Mengucapkan maaf bila bersalah
·
Mengucapkan permisi
·
Mengucapkan tolong jika membutuhkan bantuan
orang lain
|
2.10 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
|
|
|
·
Senyum
·
Sapa
·
Salam
·
Sopan
·
Santun
·
Lingkungan main yang bervariasi
·
Beradaptasi
|
2.11 Memiliki perilaku yang
dapat menyesuaikan diri
|
|
|
·
Tanggung jawab
·
Konsekuensi
·
Mengakui kesalahan
·
Mengikuti aturan
·
Fokus
·
Tekun
|
2.12 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap tanggung jawab
|
|
SENI
|
·
Keindahan
·
Kerapihan
·
Keharmonisan
·
Keteraturan
·
Apresiasi
·
Variatif
·
Kreatif
·
Menghargai hasil karya orang lain
|
2.4 Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap estetis
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar