RAUDHATUL ATHFAL (RA)
AL KAMILAH
NSM:101232050317
Kp. Lame Rt/Rw 01/01 Desa
Mekarsasi Kec.Selaawi Kab. Garut
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
PENYAMBUTAN KEDATANGAN ANAK
NAMA LEMBAGA
|
RA AL KAMILAH
|
KODE DOK.
|
SOP/PROS-001
|
||
UNIT PROGRAM
|
RAUDHATUL ATHFAL
|
STANDAR
|
PROSES
|
||
TGL. DISAHKAN
|
10
JULI 2017
|
TGL. REVISI
|
10-06-2017
|
||
|
|||||
1
|
JUDUL
|
Penyambutan Kedatangan Anak
|
|||
2
|
TUJUAN
|
1.
Membiasakan mengucapkan salam dan
bersalaman (1.2; 2.14)
2.
Melatih kemandirian anak (2.4; 2.6;
2.8)
3.
Melatih sikap menyesuaikan diri
terhadap lingkungan (2.11;2.14)
4.
Mengetahui kondisi awal anak baik
secara fisik dan emosi anak (4.13)
5.
Memberikan anak rasa senang, aman,
nyaman dan kekeluargaan pada saat memasuki sekolah
6.
Menjalin komunikasi dengan orang tua
dan atau pengantar
7.
Melatih kemampuan berkomunikasi anak
8.
Memberikan keteladanan dan pembiasaan
sikap senyum, salam, sopan, santun dan ramah
|
|||
3
|
REFERENSI
|
1.
Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014
2.
Permendiknas No. 146 Tahun
2014
3.
Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3489
Tahun 2016
4.
Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
5.
Instruksi Kepala RA
|
|||
4
|
PIHAK-PIHAK TERKAIT
|
Guru kelompok
|
|||
5
|
DOKUMEN
|
Buku kehadiran guru, buku kehadiran
anak, jadwal piket, catatan perkembangan anak
|
|||
6
|
PROSEDUR KERJA
|
Penyambutan
merupakan kegiatan untuk melewati proses transisi dari rumah ke sekolah
Penyambutan
kedatangan anak memiliki langkah-langkah sebagai berikut :
1.
Guru piket sudah siap 15 menit sebelum anak datang, dan
berdiri di depan pintu masuk sekolah dengan
senyuman ramah
2.
Guru piket menyapa (mengucapkan salam) dan berkomunikasi dengan anak
(menanyakan kabar dan perasaan anak hari ini).
a.
Guru piket menyambut kedatangan anak
dengan senyuman, mensejajarkan diri dengan anak dan memberi kesempatan pada
anak untuk mengucapkan salam sambil berjabat tangan lalu anak mencium tangan
guru dengan hidung/pipi/dahi. Jika ada orang tua, guru piket bersalaman
dengan orang tua tersebut.
3.
Guru piket menanyakan kepada orang tua/pengantar mengenai kondisi fisik
dan perasaan anak termasuk obat yang harus diminum bila diperlukan.
4.
Bila anak tidak diantar, guru piket secara langsung menanyakan dan
mengecek keadaan anak.
5.
Catat seluruh informasi mengenai kondisi anak dan segera ambil tindakan
sesuai prosedur
6.
Guru piket mempersilahkan anak meletakkan tas di loker, melepas sepatu
dan menaruhnya di rak sepatu yang sudah disediakan.
7.
Guru Piket mempersilahkan anak untuk mengisi absen
8.
Guru Piket mempersilahkan anak untuk menuju ke ruang privat Iqro
9.
Untuk anak-anak yang membutuhkan waktu
transisi pada saat kedatangan diberikan waktu sesuai kebutuhan anak
berdasarkan kesepakatan bersama antara pendidik, orang tua dan peserta didik.
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar