RENCANA PROSES PEMBELAJARAN MINGGUAN
RA ……………………………..
Tema : Aku Hamba Alloh
Sub Tema / Sub – sub Tema : Identitasku / Nama, Usia, Ciri Fisikku
Kelompok : B1
Semester / Minggu : I / I
Tanggal :
31 Juli – 4 Agustus 2017
Mutiara Hadist : Menyebarkan
Salam
KD
|
MATERI
|
KEGIATAN SENTRA
|
STRATEGI PEBBELAJARAN
|
|
NILAI AGAMA DAN MORAL
1.1
2.13
3.1, 4.1
|
Ø 1.1.1
Menyebutkan Aku ciptaan Alloh
Ø 2.13.1
Berkata jujur sesama teman
Ø 3.1.1, 4.1.1
Praktek Solat sunat Duha
Ø 3.1.2, 4.1.2
Praktek wudhu
|
v SENTRA
SENI :
-
Membentuk
lambang bilangan dengan media plastisin sesuai dengan usiaku
-
Mewarnai
lambang bilangan sesuai dengan usiaku
|
v SENTRA
SENI :
v Menyanyikan lagu “ Identitasku ”
v Tanya – jawab tentang usiaku saat ini
v Memberi informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan hari ini ( mendemontrasikan kegiatan membentuk dengan media
plastisin dan mewarnai lambang bilangan sesuai dengan usiaku )
v Memberi penjelasan tentang penggunaan alat
dan bahan yang akan digunakan
v Mendiskusikan dan menyepakati aturan dan
tujuan saat melakukan kegiatan
v Menjelaskan aturan waktu main
v Mengelompokkan anak sesuai kegiatan yang
diminatinya serta menerapkan urutan transisi main
v SENTRA
BALOK :
1.
Menyanyikan
lagu “ Identitasku ”
2.
Tanya –
jawab tentang nama diri
3.
Memberi
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini ( mendemontrasikan
kegiatan membentuk namaku dengan media balok dan Membilang jumlah balok yang
di gunakan untuk membuat namaku )
4.
Memberi
penjelasan tentang penggunaan alat dan bahan yang akan digunakan
5.
Mendiskusikan
dan menyepakati aturan dan tujuan saat melakukan kegiatan
6.
Menjelaskan
aturan waktu main
7.
Mengelompokkan
anak sesuai kegiatan yang diminatinya serta menerapkan urutan transisi main
|
|
v SENTRA
BALOK :
-
Membentuk
namaku dengan media balok
-
Membilang
jumlah balok yang di gunakan untuk membuat namaku
v SENTRA
BERMAIN PERAN :
-
Bercerita
tentang Adik dan Kakakku
-
Bermain
peran sebagai Aku, adik dan kakak
-
Menuliskan
nama Aku, adik dan kakakku
|
||||
FISIK MOTORIK
2.1
3.3, 4.3
|
Ø 2.1.1
Terbiasa membawa bekal makanan dari rumah
Ø 3.3.2, 4.3.2
Mengikuti kegiatan berbaris di halaman Sekolah
Bermain tepuk “ Identitasku ”
Ø 3.3.3, 4.3.3
Senam fantasi
|
|||
KOGNITIF
2.3
3.6, 4.6
|
Ø 2.3.1
Tanya – jawab tentang nama diri, usiaku saat ini,
nama lengkapku, mengenal nama teman di samping kanan dan kiriku
Mencoba mengamati perbedaan aku dan temanku
Ø 2.3.2
Bermain peran menjadi adik dan kakakku
Ø 3.6, 4.6.1
Menyebutkan dan mengelompokkan ciri- ciri khusus
yang membedakan aku dan temanku
Ø 3.6, 4.6.9
Mengenal lambang bilangan sesuai dengan usiaku
|
|||
BAHASA
3.10, 4.10.1
3.12, 4.12
|
Ø 3.10, 4.10.1
Bercerita tentang aku, adikku dan kakakku
Ø 3.12, 4.12.4
Mengenal huruf – huruf dari nama sendiri
|
v SENTRA
BALOK :
8.
Menyanyikan
lagu “ Identitasku ”
9.
Tanya –
jawab tentang nama diri
10.
Memberi
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini ( mendemontrasikan
kegiatan membentuk namaku dengan media balok dan Membilang jumlah balok yang
di gunakan untuk membuat namaku )
11.
Memberi
penjelasan tentang penggunaan alat dan bahan yang akan digunakan
12.
Mendiskusikan
dan menyepakati aturan dan tujuan saat melakukan kegiatan
13.
Menjelaskan
aturan waktu main
Mengelompokkan
anak sesuai kegiatan yang diminatinya serta menerapkan urutan transisi main
|
||
SOSIAL EMOSI
2.5
3.13, 4.13
|
Ø
2.5.2
Berani tampil di depan teman menyebutkan identitasku
Ø
3.13,
4.13.2
Belajar mengendaalikan diri untuk tidak bicara ketik
teman sedang bercerita tentang adik dan kakaknya
|
|||
SENI
2.4
3.15, 4.15
|
Ø
2.4.1
Menghargai nama teman sendiri ( tidak mengejek)
Ø
3.15,
4.15.1
Membentuk angka sesuai dengan usia sendiri dengan
plastisin
Ø 3.15, 4.15.2
Mewarnai angka sesuai dengan usia sendiri
|
|
Tasikmalaya, 31 Januari 2017
Mengetahui
Kepala RA Al Kamilah Guru
Kelompok B1
…………………………………….. ……………………………………..
Assalamualaikum bunda bntu saya dong untuk pembuatan rppm dan rpphnya dengan tema yg lainnya..😊😊
BalasHapus