RAUDHATUL ATHFAL (RA)
AL KAMILAH
NSM:101232050317
Kp. Lame Rt/Rw 01/01 Desa
Mekarsasi Kec.Selaawi Kab. Garut
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
KEGIATAN PIJAKAN SEBELUM MAIN (KEGIATAN PEMBUKAAN)
NAMA LEMBAGA
|
RA AL KAMILAH
|
KODE DOK.
|
SOP/PROS-006
|
||
UNIT PROGRAM
|
RAUDHATUL ATHFAL
|
STANDAR
|
PROSES
|
||
TGL. DISAHKAN
|
10
JULI 2017
|
TGL. REVISI
|
-
|
||
|
|||||
1
|
JUDUL
|
Pijakan Sebelum Bermain
|
|||
2
|
TUJUAN
|
Ø Membiasakan untuk berdoa sebelum
melakukan kegiatan (4.1)
Ø Mengembangkan kemampuan berbahasa
(kosakata baru, mengungkapkan bahasa) (3.11)
Ø Mengembangkan sikap percaya diri
(2.5)
Ø Mengembangkan sikap menghargai
orang lain yang berbicara (2.10)
Ø Mengembangkan kemampuan mengamati,
menanya, mencobakan untuk mencari tahu
Ø Mengenalkan konsep pengetahuan
sesuai dengan tema dan RPPH yang disusun
Ø Mengembangkan kemampuan fokus pada
tema dan kegiatan yang dilakukan (2.12, 3.13)
Ø Membiasakan anak disiplin mengikuti
aturan (2.6)
Ø Membiasakan berani melakukan
tantangan baru(2.2, 2.5)
Ø Membiasakan untuk berkata santun
(menggunakan kata
|
|||
3
|
REFERENSI
|
Ø Permendikbud
Nomor 137 Tahun 2014
Ø Permendiknas No. 146 Tahun 2014
Ø Keputusan
Dirjen Pendis Nomor 3489 Tahun 2016
Ø Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
Ø Instruksi
Kepala RA
|
|||
4
|
PIHAK-PIHAK TERKAIT
|
Guru Kelompok
|
|||
5
|
DOKUMEN
|
Catatan Perkembangan Anak
|
|||
6
|
PROSEDUR KERJA
|
1.
Anak duduk dalam bentuk lingkaran atau duduk merapat tetapi dalam
suasana tidak berdesakan, posisi guru di depan menghadap ke anak.Menyapa anak
untuk memulai kegiatan
2.
Anak berdoa sebelum melakukan kegiatan
3.
Bertanya kepada anak tentang hal-hal yang dilakukan hari kemarin
4.
Menanyakan perasaan anak hari ini untuk mengenal perasaan anak
5.
Memberitahukan bila ada sesuatu yang tidak biasa terjadi hari ini,
misalnya ada tamu, ada guru yang tidak masuk sehingga digantikan oleh guru
lainnya
6.
Mengenalkan tema dan konsep hari ini dan mempersilakan anak mengamati,
bertanya tentang tema yang dikenalkan.
7.
Siapkan buku yang sesuai dengan tema agar anak bisa mencari informasi
dan bertanya yang terkait dengan tema.
8.
Membacakan buku sesuai tema untuk membangun ide bermain.
9.
Mengembangkan kosa kata dan menanyakan pendapat anak tentang arti kata
yang dimaksud.
10.
Mendiskusikan ide bermain apa yang akan dibuat anak dengan alat dan
bahan yang tersedia.
11.
Memberikan contoh secara tepat untuk kegiatan baru yang belum
dimengerti anak.
12.
Membangun aturan main bersama anak
13.
Mengulang kembali aturan di sentra:
a)
pilih kegiatan
b)
selesaikan kegiatan
c)
perlihatkan hasil karya pada pendidik
d)
merapikan alat yang sudah digunakan
e)
pilih kegiatan lainnya.
14.
Anak memilih mainan sesuai dengan minatnya
15.
Mengelola kegiatan pemilihan mainan dengan menerapkan permainan yang
menarik
16.
Mempersilakan anak mulai bermain.
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar