RAUDHATUL ATHFAL (RA)
AL KAMILAH
NSM:101232050317
Kp. Lame Rt/Rw 01/01 Desa
Mekarsasi Kec.Selaawi Kab. Garut
STANDAR
OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
KEGIATAN PIJAKAN SELAMA MAIN
NAMA LEMBAGA
|
RA AL KAMILAH
|
KODE DOK.
|
SOP/PROS-007
|
||
UNIT PROGRAM
|
RAUDHATUL ATHFAL
|
STANDAR
|
PROSES
|
||
TGL. DISAHKAN
|
10
JULI 2017
|
TGL. REVISI
|
-
|
||
|
|||||
1
|
JUDUL
|
Pijakan Selama Bermain
|
|||
2
|
TUJUAN
|
Ø Mengembangkan kemampuan mencobakan
untuk mencari tahu (2.2)
Ø Membiasakan untuk berani melakukan
tantangan baru (2.5)
Ø Mengembangkan kemampuan focus
(3.13,3.14)
Ø Membiasakan untuk bekerja tuntas
(awal sampai akhir) (2.12)
Ø Membiasakan untuk melakukan
kegiatan secara mandiri dan bekerjasama (2.8, 2.10)
Ø Membiasakan untuk saling membantu
dengan guru dan teman (2.9)
Ø Membiasakan untuk berbagi alat main
(2.9)
Ø Mengenal berbagai konsep
pengetahuan (matematika, sosial, alam, sains, bahasa, alat/teknologi). (3.6,
3.7, 3.8, 3.9)
Ø Mengembangkan keterampilan membuat
karya dengan berbagai alat dengan ide sendiri (4.15)
Ø Membiasakan untuk berkata santun
(menggunakan kata terima kasih, maaf, tolong). (2.14)
Ø Membiasakan untuk menghargai hasil
karya diri dan teman (2.10)
Ø Mengembangkan keterampilan
berkomunikasi (4.11)
Ø Mengembangkan sikap percaya diri
(2.5)
Ø Membiasakan untuk bertanggung jawab
(2.12)
|
|||
3
|
REFERENSI
|
Ø Permendikbud
Nomor 137 Tahun 2014
Ø Permendiknas No. 146 Tahun 2014
Ø Keputusan
Dirjen Pendis Nomor 3489 Tahun 2016
Ø Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga
Ø Instruksi
Kepala RA
|
|||
4
|
PIHAK-PIHAK TERKAIT
|
Guru Kelompok
|
|||
5
|
DOKUMEN
|
Catatan Perkembangan Anak
|
|||
6
|
PROSEDUR KERJA
|
1.
Melakukan (pengamatan) dan membuat catatan perkembangan anak.
2.
Memberikan waktu bermain selama (45 menit – 1 jam)
3.
Memberikan pijakan dengan menggunakan kalimat bertanya yang terbuka
secara tepat Misal: bagaimana caramu menemukan warna ini?, Bangunan apa yang
sedang dibangun nak?
4.
Pijakan yang diberikan harus sesuai dengan perkembangan anak
5.
Dorong anak untuk bermain dalam kelompok kecil selain bermain secara
mandiri.
6.
Anak diberi kesempatan untuk membuat karya dengan idenya sendiri
7.
Anak diberi kesempatan untuk mencoba alat dan bahan main dengan caranya
sendiri
8.
Anak didukung untuk bekerja sampai tuntas
9.
Anak didukung untuk saling berbagi alat main
10.
Anak didukung untuk mau membantu guru dan temannya.
11.
Anak didukung menemukan konsep pengetahuan (matematika, sosial, alam,
sains, bahasa, alat/teknologi) melalui alat dan bahan yang dimainkannya.
12.
Membangun kepercayaan diri anak dengan memberikan kesempatan untuk
mengemukakan gagasannya melalui alat dan bahan main yang digunakannya.
13.
Mengingatkan pada anak sisa waktu bermain.
14.
Mengajak anak untuk membereskan alat sesuai tempat dan jenisnya.
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar